Tips Penting Dalam Berinvestasi

Jan 6, 2014   //   by update1   //   Blog  //  No Comments

Selamat pagi..

Apa kabar Anda hari ini..Hari ini anak- anak sudah kembali bersekolah dan kita juga kembali ke rutinitas. Mengawali hari senin diminggu ke -2 bulan Januari 2014 kami berikan artikel mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi , sbb :

1. Kenali diri sendiri

Mengenali diri sendiri berarti mengerti akan kebutuhan sehingga lebih mudah dalam perencanaan. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan juga jumlah uang yang diperlukan.

Misalnya ; perencanaan untuk membeli rumah, biaya sekolah, biaya liburan atau membeli mobil. Artinya pada tahap ini, kita menentukan jumlah uang yang diperlukan di masa depan dengan kebutuhan tersebut.

Selanjutnya cek dahulu apakah anda masih mempunyai hutang, seperti hutang dalam bentuk kartu kredit atau lainnya. Jika masih ada hutang, siapkan dahulu dana untuk melunasi hutang tersebut. Apalagi kartu kredit, harus secepatnya dilunasi karena bunga kredit relatif naik seiring berjalannya waktu.

Dan satu hal lagi yang haru anda ketahui, investasi pasti memiliki resiko dan setiap pekerjaan memang memiliki resiko. Namun, bertindak jauh lebih baik daripada tidak melakukan apa pun. Sebelum berinvestasi silahkan kalkulasi dan pelajari dahulu jenis investasi yang akan anda ikuti. Dengan begitu kita bisa memimalisir resiko yang akan terjadi dikemudian hari. Besar resiko investasi berbanding lurus dengan besar keuntungan yang akan anda terima.

2. Tentukan komitmen

Setelah mengenali kebutuhan, langkah selanjutnya adalah menetapkan komitmen. Yaitu dengan cara membuat anggaran keuangan. Buat secara lugas dan pastikan pengeluaran tersebut sesuai perencanaan anda.

3. Tetapkan tujuan

Jika anda memiliki lebih dari satu investasi, namun tujuan itu tidak dapat dicapai secara bersamaan. Oleh karena itu, anda harus menentukan salah satu yang menjadi prioritas. Setelah menentukan pilihan yang akan diutamakan, perhitungkan jumlah dana yang harus disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut sehingga anda tahu persis berapa jumlah dana yang dibutuhkan.

4. Disiplin

Meski terlihat sepele, disiplin syarat berpengaruh dan bukan hal gampang untuk dilakukan, Oleh karena itu, anda harus memotivasi diri bahwa dengan disiplin dapat memperkecil kemungkinan gagal dalam mencapai tujuan.

Semoga artikel yang kami berikan bisa bermamfaat untuk Anda.

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!