Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Jan 23, 2014   //   by update1   //   Blog  //  No Comments

Selamat pagi..

Anda masih menghadapi musim penghujan yang berujung pada musim Banjir.

Fenomena banjir merupakan salah satu hal peristiwa yang tak diharapkan semua orang. Banyak kerugian yang diterima, mulai harta benda hingga ancaman kesehatan.

Ketika hal ini terjadi, tak sedikit pemukiman yang teredam banjir harus membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah. Membersihkan rumah menjadi proses panjang dan keras yang harus dilalui para korban banjir.

Lantas, bagaimana cara terbaik membersihkan rumah pasca terkena banjir? Berikut kami berikan beberapa tips untuk Anda yang terkena dampak dari banjir.
1. Matikan Aliran Listrik

Biasanya PLN memutus saluran listrik di daerah yang dilanda banjir. Namun, bila aliran listrik di rumah Anda menyala, segeralah matikan, untuk menghindari bahaya korsleting atau tersengat listrik.
2. Gunakan air bersih

Saat genangan air dalam volume yang besar memenuhi rumah Anda, lumpur pun ikut masuk. Oleh karena itu sediakan selang panjang untuk menyapu lumpur keluar dari rumah Anda.
3. Gunakan Disinfektan

Secara kasat mata, rumah memang telah bersih dari lumpur. Namun, di balik itu, masih banyak kuman bersarang di lantai, dinding, atau sela-sela perabotan rumah tangga. Masih terkait dengan penyakit pasca banjir, disinfektan sangat diperlukan saat membersihkan hunian.

Oleh karena itu, bersihkan tiap permukaan dengan cara menggosok menggunakan 1/4 cangkir klorin yang dicampurkan dengan satu galon air.
Untuk peralatan dapur, baik yang terbuat dari kaca, porselen, atau plastik bisa direndam selama 10 menit dengan menggunakan dua sendok makan klorin yang dicampur dengan satu galon air panas. Sedangkan untuk peralatan logam, perak, panci, dan wajan cukup direbus selama 10 menit.

Semprotkan disinfektan ke dinding, lantai, atau daerah yang sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela meja.

4. Gunakan Sarung Tangan, Alas Kaki, dan Masker

Penyebaran penyakit pernafasan dan pencernaan pasca banjir sangat luar biasa. Agar tidak tertular penyakit-penyakit yang lazim terjangkit setelah bencana banjir, tak ada salahnya jika Anda menggunakan sarung tangan, alas kaki, dan masker saat membersihkan rumah.
5. Keringkan Barang yang Lembap

Memang tak semua barang-barang saat banjir terendam air, namun dipastikan barang-barang tersebut lembab. Barang seperti pakaian, handuk, selimut sering terkontaminasi bakteri. Untuk itu, cobalah mencuci pakaian dengan air panas kemudian jemur hingga kering.

Pengeringan menggunakan cahaya matahari adalah yang paling efektif. Selain mengeringkan, juga dapat membunuh kuman dan mengurangi bau tak sedap.
Untuk barang-barang berukuran kecil, seperti pakaian, selimut, atau handuk, bisa dicuci dengan cara biasa atau direndam dahulu menggunakan air panas.
Untuk karpet atau kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot dengan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang. Setelah itu lakukan penjemuran lagi.

6. Rebus Peralatan Makan

Penyakit pencernaan paling mudah terjangkit pasca banjir. Agar terhindar, rebuslah peralatan makan yang terbuat dari logam selama 5 – 10 menit, atau setidaknya disiram menggunakan air mendidih.
7. Singkirkan jamur

Umumnya jamur akan terlihat pada dinding-dinding rumah Anda. Ini disebabkan karena saat banjir dinding terendam oleh air yang tercemar. Oleh karena itu, segera bersihkan dengan kain basah atau spon yang telah diberi cairan pembunuh kuman atau jamur.

Semoga tulisan ini bisa bermamfaat untuk Anda.

Selamat beraktifitas, salam dari Bassura City.. Better City.. Better Life..

( Sumber : Penulis, kompasiana dan beberapa sumber lainnya )

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!