Siasati Ruangan Kecil Agar Terlihat Lebih Besar dengan Cara Ini

Sep 28, 2015   //   by Synthesis   //   Blog  //  Comments Off on Siasati Ruangan Kecil Agar Terlihat Lebih Besar dengan Cara Ini

Tinggal di rumah berukuran kecil atau apartemen menjadi salah satu pilihan bagi orang-orang yang mengandalkan kepraktisan. Namun yang menjadi permasalahan adalah, ruangan kecil akan terasa sesak saat dipenuhi dengan berbagai macam perabotan rumah.

Mengenai hal ini, Ayu Sawitri Joddy yang merupakan seorang desainer interior mengatakan, secara teori ruangan kecil akan terlihat lebih besar jika dinding-dindingnya berwarna terang. Pilihan warna seperti biru, hijau, dan kuning bisa menjadi salah satu opsi untuk menampilkan kesan besar pada rumah.

Warna biru dan hijau disebut-sebut sebagai warna yang menenangkan dan membuat relaks, maka tak heran kedua warna ini cocok diterapkan sebagai warna cat dinding. Namun tidak demikian untuk warna kuning, jika Anda ingin menerapkan warna kuning pada dinding rumah, sebaiknya pilihlah dengan intensitas warna yang tidak terlalu terang, seperti kuning pastel misalnya.

“Tapi sekarang ini banyak trik ya, tidak selalu harus berdasarkan teori. Jadi kalau ruangannya kecil tapi kita suka dengan warna gelap, ya silakan saja pakai warna itu. Tapi mungkin bisa disiasati, misalnya dengan penempatan cermin,” tutur Ayu saat ditemui di Locanda Restaurant, Sudirman, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Desainer 37 tahun ini mengatakan, tak ada batasan warna gelap yang bisa diterapkan pada dinding rumah. Anda bisa menggunakan warna-warna cokelat, merah marun, abu-abu, atau biru donker yang bisa dipadu-padankan dengan sentuhan warna terang.

Bahkan, dari sisi psikologis, mebel rumah yang memiliki ukurang besar juga bisa membuat ruangan terasa lebih besar dan bukan malah membuat sempit ruangan. Sedangkan untuk di apartemen, desainer yang pernah memenangkan lomba merancang di China ini menyarankan untuk tidak menggunakan sekat di setiap ruangan.

“Kalau apartemen lebih baik lepas sekat saja jadi temanya open space. Kalau mau pakai aksesori rumah, pakai saja partisi tapi yang ukurannya setengah. Atau pakai partisi ringan seperti kaca juga bisa,” pungkasnya.

Sumber : Detik.com

Berikan Komentar:

comments

.



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!