Siapa Bilang Zero Waste Lifestyle itu Ribet?

Jun 26, 2020   //   by Synthesis   //   News, Uncategorized  //  Comments Off on Siapa Bilang Zero Waste Lifestyle itu Ribet?

Sering mendengar istilah “Zero Waste Lifestyle” atau “Gaya Hidup Zero Waste”? Mungkin terkesar ribet, mahal dan kurang efisien bagi beberapa orang, apalagi bagi penghuni apartemen yang kebanyakan mereka lebih suka sesuatu yang instan, merasa tempat sampah yang terbatas, atau warga disekitar apartemen masih banyak yang belum aware dan malas untuk memulainya.

Padahal justru gaya hidup zero waste ini malah lebih mudah untuk dilakukan di hunian apartemen, kenapa? Karena hunian di apartmen tergolong memiliki ruang yang kecil dari rumah tapak sehingga mudah untuk di urus dan jumlah barang yang ada menjadi lebih sedikit jika dibandingkan barang yang ada di rumah tapak. Betul kan?

Nah untuk memulai gaya hidup zero waste di apartemen, lakukan mulai dari hal mudah ini :

  1. Buat Zero Waste Kit

Zero waste kit adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mempermudah kita dalam meminimalisir sampah, misalnya kotak makan untuk jajan, botol minum, tas belanja, sapu tangan sebagai pengganti tisu, dan sendok garpu atau sedotan jika dibutuhkan. Kita bisa menggunakan apa yang kita punya, tidak harus membeli.

Dengan selalu membawa beberapa peralatan ini, berarti kita sudah mengurangi jumlah sampah sekali pakai di apartemen.

  1. Mulailah Untuk Memilah dan Mengolah Sampah

Bagi kita mungkin untuk nol sampah itu masih cukup sulit, tetapi minimal kita bertanggung jawab atas sampah yang kita hasilkan. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan memilah dan mengolah sampah menjadi hal-hal yang berguna. Pilah sampah organik dan anorganik menggunakan wadah terpisah.

Sampah organik: kumpulkan semua sampah organik, seperti sisa makanan, ampas buah, atau sayuran, kemudian jadikan eco enzyme atau pupuk kompos untuk tanaman.

Sampah anorganik: kumpulkan semua sampah anorganik 1-2 bulan, kemudian pilah lagi. Sampah plastik bisa kalian jadikan eco brick. Sedangkan sampah kertas atau kardus tinggal kirim ke bank sampah.

  1. Bijak Ketika Menggunakan Jasa Laundry

Menggunakan jasa laundry bukan hal yang asing bagi penghuni apartemen, karena banyaknya jasa laundry di area apartemen. Berbagai kegiatan sehari-hari juga membuat penghuni apartemen lebih memilih menggunakan jasa laundry untuk mencuci atau menyetrika baju. Namun faktanya setiap kali melaundry baju kita akan dikemas dengan kemasan plastik yang sangat besar sehingga tidak terpakai dan menjadi sampah.

Sebagai solusinya, kamu bisa meminta pihak laundry untuk tidak pakai plastik, bisa diganti dengan tas reusable atau keranjang baju sendiri.

Apartemen Bassura City selalu mendukung gerakan cinta lingkungan, melalui Zero Waste Lifestyle diharapkan para penghuni bisa membantu menjaga alam lingkungan sekitar. Zero waste merupakan sebuah proses (perjalanan), memang membuat nol sampah di apartemen Anda mungkin agak sulit, tetapi mencoba meminimalisir jumlah sampah dan mencoba me-manage nya adalah aksi zero waste yang tepat yang bisa kita mulai.

.



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000


Whatsapp: 0812-3000-508

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050
Whatsapp: 0812-3000-508

Online Help!