Manfaatkan Era Jutaan Informasi Ini Untuk Memilih Investasi Properti yang Tepat

May 10, 2017   //   by Synthesis   //   Expert Opinion  //  Comments Off on Manfaatkan Era Jutaan Informasi Ini Untuk Memilih Investasi Properti yang Tepat

Di era digital ini, semua orang punya kesempatan yang sama mendapatkan informasi yang beragam dan tidak terbatas dari satu sumber saja. Salah satunya sumber informasi terkait properti. Hanya tinggal satu kali klik di mesin pencari Google kita bisa mencari tahu semua hal tentang properti, dari mulai tips sampai mencari tahu harga properti yang kita incar.

 

Generasi yang paling diuntungkan dari derasnya informasi ini adalah generasi langgas atau generasi millennials Indonesia. Tidak seperti generasi sebelumnya, mereka memiliki beragam sumber informasi tidak hanya dari buku, tapi dari berita, forum online dan bahkan mereka bisa mendapatkan informasi langsung dari pakar dengan bertanya lewat sosial media.

 

Sebagai contoh, dulu sebelum memutuskan membeli rumah ada dua opsi yang harus saya pertimbangkan. Dalam masa pilah pilih, saya banyak menggali informasi seputar kedua properti tersebut dari segi jarak, harga dan lingkungan sekitar dari bertanya kepada orang-orang terdekat dan juga kepada orang yang punya pengalaman dengan dunia properti. Informasi di internet jaman dulu masih sangat terbatas. Kalau saya ingin membandingkan harga juga belum banyak informasinya di internet. Semua harus didapat secara konvensional, yaitu membaca iklan baris seminggu sekali kemudian mencatat hingga akhirnya bisa punya pasaran harga. Bandingkan dengan sekarang di mana semua orang bisa mendapatkan berbagai informasi hanya dengan berselancar di internet.

 

Tentunya semakin banyak informasi yang millennials dapat, maka semakin kecil risiko yang mereka dapat dari keputusan memilih properti. Karena lewat internet kita bisa mengetahui seluk beluk rumah, dari sistem angsuran sampai legalitas rumah.

 

Namun begitu, setelah unsur informasi serta cek dan ricek semakin mudah, saat mengambil keputusan ada baiknya kalian mengikuti kata hati. Orangtua bisa turut “menyumbang” suara, informasi bisa secara persuasif mempengaruhimu, namun saat mengambil keputusan penting rasanya mengikuti kata hati.

 

Tapi ingat ya, mengikuti kata hati ini adalah proses terakhir setelah kalian benar-benar sudah mengumpulkan segala informasi tadi. Jadi keputusan yang kamu buat tentu berdasarkan pertimbangan data dan fakta dari hasil informasi yang kamu dapat.

 

Terlepas dari sejumlah laporan menyebutkan kekhawatiran bahwa generasi millennials tidak bisa membeli hunian di masa mendatang. Saya yakin, jika millennials mampu menyerap informasi tentang properti lebih banyak, maka kekhawatiran tersebut mungkin hanya sebatas kekhawatiran. Semakin terbuka pengetahuannya maka mereka akan lebih well prepared, termasuk soal investasi.

 

Salam,

 

Yoris Sebastian

Author of Creative Junkies, Founder & Creative Thinker of OMG Consulting, Music Entrepreneur & Public Speaker.

 

 

Berikan Komentar:

comments

.



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!