Jasa Arsitek Menggambar Pondasi dan Struktur

Apr 23, 2014   //   by BassuraCity.com   //   Blog  //  No Comments

Gambar adalah gambar, ia butuh diterjemahkan di lapangan, di proyek. Jasa arsitek rumah mewah, bagaimanapun detailnya menggambar, tetap butuh penyesuaian saat digunakan di lapangan. Penyesuaian tentu berbeda berbeda dengan mengubah isi dan ketentuan gambar rumah maupun perumahan yang telah dirancang oleh arsitek.  Lazim dan sah saja penyesuaian gambar saat menghadapi kendala teknis di lapangan.

Benar, bahwa sebelum lebih jauh merancang arsitek memang harus melakukan survei lapangan. Akan tetapi kendala luasan site dan detail kontur tanah yang hendak dibangun jadi rumah maupun perumahan memilik keikhasannya sendiri. Tak semua mampu terpotret oleh “mata arsitek” saat pengukuran awal. Akibatnya dokumen gambar arsitektur sebagai petunjuk baku dan rigid pelaksanaan pembangunan rumah tak jarang perlu sedikit penyesuaian.

Hal yang paling sering disesuaikan adalah kedalaman dan ukuran pondasi, tapak bangunan. Site tanah yang terlalu lembek ataupun terlalu keras pasti memerlukan penyesuaian. Tak bisa serta merta memaksa memberlakukan gambar kerja arsitektur persis tektual. Menghadapi tantangan seperti ini lazimnya arsitek perencana mendiskusikan perhitungan real bersama tenaga teknik sipil yang bertanggung jawab terhadap perhitungan struktur.

Awam memahami pondasi sebagai tumpuan kekuatan rumah. Struktur pun demikian, dipahami sebagai tulang belulangnya rumah. Kekuatan penyokong, penopang dan inti kekuatan rumah berkait beban mati bangunan itu sendiri maupun beban potensial setelah suatu bangunan rumah atau perumahan ditinggali. Tak salah-salah amat pemahaman demikian, ada benarnya.

Pondasi baik dan kokoh memberi alas kuat untuk lajur beton bertulang yang membentang di atas pondasi bernama slup. Fungsinya untuk meratakan beban berupa tembok maupun masa bangunan yang bertumpu ke atas. Nah, mengingat vitalnya fungsi pondasi tak jarang pemilik proyek menginginkan pengerjaan pondasi dengan treatment ektra. Pengunaan besi di atas ukuran standar, volume ukuran dibuat lebih besar dari gambarnya, atau bahkan kedalamannya ditambah lebih dari ketentuan ukuran semula.

Bila ketepatan langkah pemilik proyek menambah pondasi berdasar ketentuan gambarnya tentu akan baik-saja. Malah bagus. Ironisnya kalau yang dilakukan adalah sebaliknya, maka dipastikan membahayakan keselamatan penghuni rumah nantinya. Jasa arsitek kerap diminta melakukan penyesuaian gambar. Boleh saja dilakukan tapi tidak dengan mengubah ketentuan teknisnya. Dilarang, sebab membahayakan.

 

Sumber : Property today

 

 

Miliki segera unit Apartemen Bassura City Phase 2

 

Untuk keterangan lebih lanjut segera kunjungi :

Kantor Pemasaran Bassura City

Jl. Basuki Rahmat No. 1A, Jakarta 13410

Telp : 021-859-10 000

 

Marketing Galery Bassura City

Kalibata City , Tower Flamboyan, Jakarta

Telp : 021- 2931.7037.

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!