Jangan Ada Benda Ini Di Rumah Jika Ingin Melihat Gerhana Matahari

Mar 7, 2016   //   by Synthesis   //   Blog  //  Comments Off on Jangan Ada Benda Ini Di Rumah Jika Ingin Melihat Gerhana Matahari

Eksklusif! Itu yang dapat menggambarkan peristiwa Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 mendatang. Hanya datang 300 tahun sekali, sebaiknya jangan ada benda ini di rumah jika ingin melihat gerhana matahari.

gerhana-matahari-total-2016

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), berdasarkan perhitungan kasar, gerhana matahari total hanya akan terjadi sekitar 300 tahun sekali di satu daerah. Indonesia pun termasuk salah satu negara yang beruntung karena dapat menikmati fenomena langka ini.

Gerhana Matahari Total akan menyapa 12 provinsi Indonesia, yaitu, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Namun, wilayah Indonesia lain pun tetap dapat menikmati gerhana matahari walau Gerhana Matahari Sebagian.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Pada saat terjadi gerhana matahari, siang hari pun akan tampak seperti malam. Langkanya peristiwa ini membuat khalayak tidak ingin melewatkannya. Namun, jangan ada benda ini di rumah Anda jika ingin melihat gerhana matahari.

Ya, simpan semua peralatan memasak Anda seperti panci dan wajan. Hal tersebut dapat membuat gerhana matahari akan cepat “menghilang”. Selain peralatan masak, yang harus disembunyikan adalah kentungan kayu dan petasan. Ya, dua benda ini pun akan membuat gerhana matahari “cepat berlalu”.

Hal tersebut berkaitan dengan mitos yang berkembang di Indonesia di mana Batara Kala ingin menelan Dewi Ratih. Sehingga, masyarakat menabuh benda apapun untuk mengeluarkan bunyi bising guna untuk mengusir Batara Kala. Tapi itu hanyalah Mitos. Mitos tersebut pun kini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata gerhana matahari yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Sumber: iDEA Online

Berikan Komentar:

comments

.



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!