Investasi Properti Itu Aman

Feb 18, 2014   //   by update1   //   Blog  //  No Comments

Banyak yang menyukai investasi di bidang properti , kenapa ? Jawabannya karena merasa aman.

Tidak sedikit yang menanamkan uangnya dengan membeli lahan, rumah, ruko, apartemen, bahkan sebuah pabrik, karena merupakan tempat investasi yang paling aman. Memang sektor properti ini tidak akan pernah mengalami gejolak, nilainya selalu naik.

Namun kita harusnya belajar dari keruntuhan bisnis properti di Amerika. Hal ini hanya menyegarkan kita, agar waspada bahwa semua tipe investasi pasti beresiko. Memang diperlukan kehati-hatian dalam mengambil langkah untuk suatu rencana investasi. Karena tidak saja uang atau modal yang hilang, bisa juga peluang dan kesempatan bisnis melayang diambil orang.

Investasi properti adalah uang lebih, karena pada umumnya membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan nilai untung. Biasanya saat berinvestasi di bidang properti, beli suatu obyek properti dan dibiarkan untuk jangka waktu yang lama. Maka kalau bisa nol dalam ongkos investasinya, sehingga bisa memberi hasil yang lebih besar.

Ada banyak hal yang harus dipelajari saat membeli sebuah property, harus dikaji secara mendalam, mungkin butuh waktu dan perhitungan yang matang, sebelum membeli sebuah properti. Hal ini untuk meminimalkan resiko, sekaligus ongkos investasi yang bisa menggerus hasil investasi tersebut.

Membeli lokasi yang strategis.

Sebenarnya membeli sebuah property adalah membeli lokasinya, meskipun bentuk fisik property juga harus dihitung. Tapi nilai fisik property tidak terlalu menguntungkan, kecuali bangunannya memiliki nilai sejarah. Kebanyakan dan umumnya nilai properti terletak di lokasinya yang strategis.

Mungkin pada awal membeli, lokasinya tidak harus di jalan protokol, bisa juga di sebuah jalan utama yang baru dibangun. Karena seiring berjalannya waktu, akses jalan tadi akan membuat tempat atau lokasi tersebut menjadi strategis. Terutama bila lahannya tepat di pinggir jalan, tempat tersebut akan tumbuh dengan sendirinya menjadi ramai.

Meminimalkan ongkos investasi.

Setiap melakukan investasi pasti ada ongkos investasinya. Kemampuan menekan ongkos investasi akan meningkatkan hasil investasi. Disini ongkos investasi di bidang properti banyak ragamnya. Salah satunya adalah biaya pemeliharaan sebuah properti. Bila bisa diminimalkan akan lebih memberi hasil yang lebih baik, apalagi bisa dihilangkan.

Misal lebih memilih investasi properti berupa tanah dibandingkan sebuah bangunan. Karena bangunan akan memerlukan pemeliharaan, sedang tanah tidak terlalu besar biaya pemeliharaannya. Inilah yang bisa meningkatkan hasil di investasi properti.

Menghilangkan resiko investasi.

Salah satu kelemahan investasi di bidang properti adalah resiko kepemilikan atau legal certification. Hal ini karena sering terjadi pemalsuan surat kepemilikan atau kepemilikan ganda. Tentu saja bila hal ini terjadi akan menghanguskan seluruh nilai investasi.

Maka saat melakukan transaksi pembelian sebuah properti, harus dilakukan secara legal. Baik dengan menggunakan pengacara publik atau notaris. Ini untuk menghilangkan resiko investasi yang besar ini. Selalu hindari membeli sebuah properti yang tidak ada surat kepemilikan secara legal. Seperti letter C maupun petok D, selalu pilih kualifikasi SHM dalam pembelian sebuah properti.

Membangun jaringan pemasaran.

Sebuah properti mungkin akan dengan mudahnya dibeli, tapi menjualnya akan menjadi sulit bila anda tidak memiliki jaringan pemasaran yang memadai. Mungkin bisa saja dinual, tapi dengan harga yang tidak sesuai dengan harapan. Sebuah jaringan pemasaran akan membawa anda ke pembeli yang potensial. Karena banyak pembeli properti hanya untuk investasi, sehingga membeli property yang semurah-murahnya, hal inilah yang harus anda hindari.

Mungkin anda bisa bekerja sama dengan properti agency atau agen penjualan properti. Namun ini akan mengurangi hasil investasi nantinya, tapi paling tidak anda bisa belajar dulu dari mereka bila anda baru masuk di bisnis properti ini. Sesudahnya anda bisa membina jaringan pemasaran sendiri.

Semoga tulisan kami ini bermamfaat untuk Anda.

Selamat beraktifitas..Salam dari Bassura City.. Better City.. Better Life

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!