Ingin Hemat Tenaga Konstruksi? Bangun Saja Kamar Mandi Prefabrikasi

Sep 16, 2014   //   by BassuraCity.com   //   Blog  //  No Comments

Kamar Mandi tidak hanya menjadi bagian krusial pada sebuah hunian saja, melainkan juga pada jenis-jenis bangunan lainnya seperti gedung perkantoran yang berlantai banyak dan bangunan infrastruktur, serta fasilitas-fasilitas umum. Kamar mandi prefabrikasi tampaknya menjadi solusi yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang telah disebutkan di atas. Alasannya selain murah dan hemat  biaya konstruksi, juga hemat tenaga konstruksi hingga 60 persen. Angka ini tentu sangat jauh bila dibandingkan dengan proyek pembangunan kamar mandi konvensional. Sayangnya, masih belum banyak yang tahu apa itu kamar mandi prefabrikasi.

Kamar mandi prefabrikasi sendiri sebenarnya sama dengan rumah dan bangunan prefabrikasi. Kamar mandi prefabrikasi dibuat dari material-material yang sudah dicetak di luar lokasi pembangunan proyek. BCA (Building and Construction Authority) Singapura telah berhasil membangun dua buah unit kamar mandi prefabrikasi dan hasilnya luar biasa. Tiap unit kamar mandi ini dibuat dengan menggunakan metode khusus yaitu metode instalasi kering. Sedang bagian-bagian kamar mandi prefabrikasi ini sebelumnya sudah dibuat di pabrik. Di lokasi pembangunan baru bagian-bagian ini dirakit dan dirapikan hingga menjadi ruang/ kamar mandi.

Kamar mandi prefabrikasi ini dikatakan lebih unggul jika dibandingkan dengan kamar mandi konvensional. Dalam membangun kamar mandi konvensional, diperlukan batu bata, lapisan anti air, plester, pemasangan keran dan saluran air, pemasangan aliran listrik, pemasangan, keramik, pembuatan jendela dan pintu, dan masih banyak lainnya. Bandingkan dengan pembangunan kamar mandi prefabrikasi yang tidak memerlukan material-material seperti batu bata. Proses pembangunannya pun bisa lebih cepat. BCA Singapura mengatakan bahwa hanya memerlukan waktu setengah hari saja untuk membangun kamar mandi prefabrikasi.  Pembangunan kamar mandi prefabrikasi ini pun tidak memerlukan tenaga berkeahlian khusus. Dan setiap unit kamar mandi telah teruji keamanan dan kenyamanannya karena sebelumnya setiap unit kamar mandi telah berhasil lolos kontrol kualitas. Pemilik proyek juga boleh memilih jenis material yang nantinya akan digunakan sebagai komponen utama kamar mandi.

Meski dibuat dengan cara praktis, tampilan kamar mandi sungguh tidak tampak seperti kamar mandi darurat yang asal dibangun. Kamar mandi prefabrikasi ini dibangun dengan dinding dan lantai beton serta ada juga yang berdinding besi. Jika ada kerusakan, kamar mandi ini juga cenderung lebih mudah untuk diperbaiki. BCA Singapura telah membangun sedikitnya 6.000 unit kamar mandi untuk tempat tinggal.  Beberapa diantaranya adalah proyek-proyek terkenal di Singapura seperti Parc Emily, Trellis Tower, City Square Residences, The Sail @Marina Bay, St. Regis Residences Singapura, Cube 8, dan lain sebagainya. Bagaimana di Indonesia? Tampaknya di Indonesia belum menerapkan metode ini baik untuk pembangunan fasilitas publik maupun fasilitas infrastruktur. Padahal bangunan prefabrikasi ini sangat cocok dibangun di Indonesia yang identik dengan negara yang padat penduduk dan berkebutuhan infrastruktur yang berkualitas dan murah meriah.

Sumber : popeti.com

 

Miliki segera unit Apartemen Bassura City Phase 2
 
Untuk keterangan lebih lanjut segera kunjungi :
Kantor Pemasaran Bassura City
Jl. Basuki Rahmat No. 1A, Jakarta 13410
Telp : 021-859-10 000
 
Marketing Galery Bassura City
Kalibata City , Tower Flamboyan, Jakarta
Telp : 021- 2931.7037.

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!