Hidup Nyaman di Rumah Sederhana

May 12, 2014   //   by BassuraCity.com   //   Blog  //  No Comments

DI TENGAH gencarnya pembangunan perumahan kelas menengah atas, beberapa pengembang masih melirik segmen properti dengan harga terjangkau. Yakni mengembangkan rumah murah di bawah Rp100 jutaan.

Pemerintah mengeluarkan aturan agar perumahan murah yang dibangun pengembang tidak hanya layak dan terjangkau, melainkan juga tetap memenuhi persyaratan kesehatan, keamanan, dan kenyamanan. Rumah sederhana sehat (Rs Sehat) memungkinkan penghuni untuk dapat hidup sehat, dan menjalankan kegiatan hidup sehari-hari secara layak. 

Karena itulah, pada prinsipnya rumah sederhana harus tetap memperhatikan beberapa ketentuan. Beberapa di antaranya adalah, kebutuhan luas per jiwa dan kebutuhan luas per kepala keluarga (KK).

Untuk memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan dipengaruhi tiga aspek, yaitu pencahayaan, penghawaan, serta suhu udara dan kelembapan dalam ruangan. Aspek-aspek tersebut merupakan dasar atau kaidah perencanaan rumah sehat dan nyaman.

Rumah harus sehat karena akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental penghuni rumah. Apalagi rumah bukan lagi sekadar tempat menumpang tidur. Tapi juga sebagai tempat untuk melakukan berhubungan sosial dengan lingkungan.

Karena harganya relatif murah, sebagian besar kawasan perumahan yang banyak membangun rumah Rp100 jutaan memiliki lokasi yang cukup jauh dari tempat aktivitas penghuni. Kendati begitu, sepertinya masyarakat tidak mempersoalkan itu asalkan akses transportasi dari/dan menuju kawasan perumahan tersedia banyak pilihan, baik kereta api ataupun angkutan umum.

“Masyarakat tidak mempersoalkan bila harus menghabiskan waktu 1,5 jam dari rumah menuju tempat aktivitasnya,” tuturnya. Dari beberapa daerah satelit Jakarta, Bogor merupakan daerah yang paling banyak diminati sebagai tempat membangun kawasan perumahan seperti itu. Setelah itu diikuti Depok dan Tangerang.

Daerah Bekasi kurang mendapatkan perhatian karena akses transportasi umum dari/dan menuju kawasan perumahan di Bekasi dianggap kurang memadai.

Biasanya, kawasan perumahan Rs Sehat atau di bawah Rp150 juta sangat minim fasilitas. Pengembang hanya menyediakan fasilitas tanah agar bisa dipergunakan penghuni. Kalau memungkinkan, masyarakat bisa membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan dengan cara swadaya.

Karena itu, sebaiknya pemerintah memikirkan cara yang lebih efektif dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Di antaranya dengan menyediakan subsidi yang lebih besar pada sektor perumahan. Bila pembangunan rumah bersubsidi yang dibangun pengembang tersendat, secara tidak langsung akan berdampak pada pembelian rumah. Padahal, pemerintah telah memiliki komitmen untuk terus mengurangi jumlah masyarakat yang tidak memiliki rumah.

Sumber : Okezone.com

 

Miliki segera unit Apartemen Bassura City Phase 2

 

Untuk keterangan lebih lanjut segera kunjungi :

Kantor Pemasaran Bassura City

Jl. Basuki Rahmat No. 1A, Jakarta 13410

Telp : 021-859-10 000

 

Marketing Galery Bassura City

Kalibata City , Tower Flamboyan, Jakarta

Telp : 021- 2931.7037.

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!