Geliat Properti di Jakarta Timur

May 8, 2014   //   by BassuraCity.com   //   Blog  //  No Comments

SEKTOR properti di Jakarta Timur terus tumbuh subur. Kawasan yang dulu dianggap tidak prospektif ini, kini menunjukkan eksistensinya.Town house dan beberapa perumahan elite yang sedang dibangun adalah buktinya.
Pertumbuhan sektor properti di Indonesia beberapa tahun terakhir ini cukup menggembirakan. Buktinya, banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di bidang ini. Lokasi yang mereka incar tidak hanya di Jakarta Selatan, juga sudah merambah ke Jakarta Timur. Tampaknya pengembang sadar kalau Jakarta Timur telah menjadi kawasan hunian ”baru” untuk kelas menengah dan atas.

Memang selama ini daerah Jakarta Timur dianggap kurang prospektif untuk permukiman. Lihat saja pertumbuhan properti yang sangat lambat di wilayah tersebut. Apalagi untuk kelas menengah dan atas. Namun, kini anggapan tersebut seolah tertepis sudah.

Di sejumlah lokasi di daerah Jakarta Timur sudah banyak dibanguntown house, baik oleh individu maupun atas nama perseroan terbatas (PT). Jumlahnya belasan proyek dan tersebar mulai di Jatiwaringin, Duren Sawit, Matraman, Pondok Gede, Rawamangun, dan Pulomas. Arealnya rata-rata di bawah 7.000 meter persegi dengan jumlah rumah 7-20 unit.

Jakarta Timur cukup ideal menjadi lokasi hunian. Dekat dengan pusat bisnis di Jakarta Pusat dan Selatan. Kawasan ini sangat ideal untuk hunian mereka yang berkantor di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, juga ekspatriat yang bekerja di Bekasi. Tidak heran kalau kini orang mencari hunian eksklusif tidak hanya di Jakarta Selatan karena kemacetannya sama parahnya dengan kawasan lain. Apalagi hargatown house di Jakarta Timur jauh lebih miring.

Menurut pengamat properti Tirta Setiawan, kawasan timur Jakarta khususnya Jakarta Timur merupakan kawasan hunian yang pertumbuhannya relatif lebih lama dibandingkan daerah lainnya di Jakarta. Ini karena tanah kosong di daerah Jakarta Timur relatif lebih sedikit.

Dia menjelaskan, selama ini daerah Jakarta Timur sudah dipersepsikan sebagai tempat industri. Akibatnya, sebagian masyarakat yang belum pernah tinggal di Jakarta Timur merasa enggan untuk tinggal. ”Persepsi masyarakat bisa menjadi penentu dalam perkembangan satu kawasan,” katanya.

Padahal, sebenarnya keberadaan industri di Jakarta Timur bisa menjadi celah pasar bagi pengembang. Sebab, pegawai yang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut bisa menjadi pasar potensial. Dan hal itu sudah dijawab dengan dibangunnya sejumlah apartemen bersubsidi di daerah Jakarta Timur, khususnya di daerah Pulo Mas.

Aksesibilitas di Jakarta Timur juga sudah semakin baik. Hal itu terlihat dari telah dibukanya akses tol, serta akses jalur busway di sekitar Terminal Pulogadung dan Kampung Rambut. Umumnya perumahan di Jakarta Timur belum menjadikan busway sebagai nilai jual proyeknya. Apalagi dibanding ke halte busway, lokasi semua perumahan lebih dekat ke jalan tol.

Selain perumahan, di kawasan itu juga dibangun apartemen, pertokoan, perkantoran, area hang out dan pusat kebudayaan, serta hotel. Tidak heran kalau pada saat ini ada pengembang dari luar negeri yang tertarik membangun kawasan hunian di Jakarta Timur. Tidak tanggung-tanggung luas kawasan hunian yang dikembangkan mencapai ratusan hektare. ”Harga unit yang ditawarkan pun relatif mahal,” tutur dia.

Karena itulah, dia berkeyakinan, perkembangan kawasan hunian di timur Jakarta khususnya Jakarta Timur akan semakin menggeliat. Namun, hal itu harus didukung pemerintah daerah, khususnya yang terkait dengan pembenahan lingkungan, seperti memperbaiki infrastruktur jalan hingga penanaman pohon.

Principal Ray White Kelapa Gading, David Tjandra, mengatakan, anggapan lambatnya perkembangan sektor properti di Jakarta Timur tidak terlepas dari semakin sedikitnya lahan di Jakarta Timur. Kalaupun ada pengembang yang membangun kawasan hunian, luasnya tidak terlalu besar yakni hanya sekitar 7.000 meter persegi.

Selain itu, ada juga pengembang yang membangun apartemen bersubsidi dan apartemen menengah. Dengan keterbatasan lahan dan mahalnya harga tanah, tinggal di apartemen bisa menjadi salah satu alternatif tinggal di Jakarta Timur. Sebagian besar dari mereka adalah pegawai yang bekerja di daerah Jakarta Timur.

Dia mengaku kurang sependapat dengan anggapan yang menyatakan daerah Jakarta Timur tidak memiliki udara yang baik. Karena menurutnya, daerah yang menjadi pusat industri di Jakarta Timur tidak terlalu banyak. ”Sebagian besar daerah di Jakarta Timur sangat cocok untuk dijadikan tempat tinggal,” sebutnya.

Sebab, kualitas air di Jakarta Timur relatif masih baik. Bahkan, pada beberapa daerah di Jakarta Timur yang berbatasan dengan Bogor udaranya masih sejuk. Bahkan, tingkat kebisingan juga masih minim dibandingkan dengan daerah lain di Jakarta.

Sejumlah kawasan perumahan di Jakarta Timur juga memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Antara lain joging di taman, maupun berenang di dalam kolam renang dan taman rekreasi air, serta sarana pendidikan yang lengkap mulai playgrouphingga perguruan tinggi.

Dengan berbagai kenyamanan dan kemudahan hidup yang diperoleh dengan tinggal di daerah Jakarta Timur, tidak heran kalau kawasan hunian di Jakarta Timur merupakan lokasi yang strategis untuk investasi. ”Berada dalam kawasan Jakarta sehingga membuat investasi lebih menguntungkan,” tuturnya..

 

Sumber : Okezone.com

 

Miliki segera unit Apartemen Bassura City Phase 2

 

Untuk keterangan lebih lanjut segera kunjungi :

Kantor Pemasaran Bassura City

Jl. Basuki Rahmat No. 1A, Jakarta 13410

Telp : 021-859-10 000

 

Marketing Galery Bassura City

Kalibata City , Tower Flamboyan, Jakarta

Telp : 021- 2931.7037.

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!