Efek Negatif Memilih Cat Sesuai Selera

Sep 3, 2013   //   by update1   //   Blog  //  No Comments

Selamat Pagi..

Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga di pagi ini semangat Adna jauh lebih baik lagi, lebih bersemangat dalam memulai aktifitas di awal hari. Apakah Anda sedang berfikir jika ruang dirumah terasa sempit atau kusam? Coba perhatikan apa mungkin salah pilih warna cat dinding? Sudah serasikah warna dinding ruangan dengan elemen interior lainnya?

Jika belum, baiknya ubah suasana ruang dengan merubah warna ruangan menggunakan cat dinding. Ini merupakan solusi yang baik dan cepat untuk mendapatkan suasana baru ruangan. Umumnya penghuni ingin warna favoritnya menempel di dinding namun tanpa pikir panjang, langsung membeli dan mengecat. Alhasil, kadang suasana ruangan tidak sesuai dengan harapan.

Pemilihan warna cat yang keliru atau asal sesuai selera dapat menyebabkan suasana yang diharapkan tidak tercipta. Ruang bisa terlihat lebih sempit, ramai, atau suram. Agar efek negatif itu tak terjadi, lakukan perencanaan awal dan persiapkan dengan matang. Meski renovasi kecil, mengubah cat dinding bisa fatal jika salah pilih.

Tahap awal lakukan observasi kebutuhan dan skala ruang. Difungsikan sebagai apa ruang kita itu nantinya? Jika perlu buat sketsa, berbentuk gambar perspektif ruangan. Buat simulasi kecil, jika dinding ruang dilapisi warna tertentu. Sandingkan dengan warna furnitur yang telah tersedia di ruangan. Temukan kombinasi yang tepat. Baiknya lagi menggunakan 3D, hasilnya akan lebih terasa. Tapi jika anda bisa menggunakan program 3D.

Warna cat dapat mempengaruhi mood seseorang, maka disarankan mengenali karakter warna yang akan dipilih dan disesuaikan dengan ruangan rumah anda. Warna putih sebagai contoh, cocok untuk ruang sempit. karena punya efek psikologis netral. Warna putih cenderung memberi kesan bersih dan lebar. Begitu pula warna cat polos lain, selain tidak terkesan sesak nuansanya juga indah.

Kita dapat memadukan warna yang lebih muda pada salah satu dinding. Bisa juga memberikan aksentuasi pada ruangan, yaitu dengan menghadirkan warna mencolok. Ingat, yang namanya aksen, kehadirannya cuma sebagian kecil untuk mempercantik ruangan. Dan akan lebih sejuk jika ada cahaya alami yang masuk kedalam ruangan sehingga ruang menjadi lebih sejuk dan hidup.

Ragam warna dapat terlihat lebih alami jika terkena sorot cahaya alami. Namun hati-hatilah memadukan warna. Sebaiknya pergunakan skema warna (Colour Scheme). Kita bisa padukan warna yang senada, atau jika ingin menggunakan warna kontras, pilih warna kontras yang sesuai. Pemilihan dapat dilakukan dengan memperhatikan skema warna pada color wheel. Anda bisa melihatnya pada toko bangunan terdekat, konsultasikan dengan sales representatif disana. (Jangan ragu untuk bertanya). Dibeberapa lokasi swalayan bangunan, mereka sudah menempatkan komputer untuk mengolah cat yang anda pilih. Dan hasilnya bisa anda lihat sebelum membelinya. Jika masih ragu, hubungi konsultan interor Anda.

Catatan: baiknya hadirkan maksimal 2 warna didalam satu ruangan. Dan kita bisa gunakan gradasinya. Sehingga ruangan tidak lagi memusingkan kepala.

Semoga Artikel ini bisa memberikan pencerahan dan bermamfaat untuk Anda..

Selamat beraktifitas.. Salam dari Bassura City.

Better City.. Better Life..

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!