Cara Mudah Mengatasi Masalah Material Kayu Di Rumah

Nov 16, 2015   //   by Synthesis   //   Blog  //  Comments Off on Cara Mudah Mengatasi Masalah Material Kayu Di Rumah

612343_room_01_view_a

Kayu adalah salah satu jenis material yang sangat umum digunakan untuk bagian rumah hunian seperti kusen, pintu, jendela, furniture, dan masih banyak lagi. Selain itu material kayu kadang juga menjadi pilihan yang menarik untuk dijadikan sebagai pelapis dinding, struktur atap, dan juga penutup lantai. Bahkan keindahan serat yang terlihat di permukaan kayu juga membuat material yang satu ini juga dijadikan sebagai elemen dekoratif.

Elemen dekorasi dari kayu dapat berupa kerai, partisi, atau hiasan dinding untuk mempercantik ruangan. Hiasan dari kayu pun dapat beraneka ragam mulai dari pigura, patung, atau hiasan lainnya.

Tetapi dibalik berbagai keunggulan yang dimiliki oleh material ini, ternyata kayu juga memiliki sejumlah kelemahan yang perlu diperhitungkan. Kelemahan tersebut di antaranya adalah mudah tergores dan mudah lapuk karena dimakan oleh rayap. Goresan tak disengaja yang mengenai permukaan kayu dapat mengurangi keindahan permukaan kayu. Jika sudah demikian, sulit untuk memperbaiki goresan tersebut.

Bahkan sebagian orang yang ingin mendapatkan kembali tampilan alami dari kayu memutuskan untuk mengganti elemen tersebut dengan yang baru. Melihat kelemahan tersebut, kayu memerlukan perawatan ekstra supaya keindahan dan kualitasnya tetap terjaga dengan baik di rumah Anda.

Jika Anda termasuk penggemar kayu dan menggunakan banyak material ini di rumah Anda, berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu merawat serta mengatasi beragam masalah yang sering terjadi pada kayu. Dengan demikian, material tersebut akan bertahan lebih lama menjalankan fungsinya di rumah Anda.

  • Mengatasi Masalah Jamur Pada Kayu

Material kayu sangat rentan mengalami kelembaban. Apalagi jika material ini diletakkan di area terbuka sebagai furniture outdoor atau lantai kayu seperti di gazebo atau teras. Perubahan iklim dan cuaca menjadikan kayu lambat laun sangat mungkin terserang jamur.

Jamur sangat mudah tumbuh dan berkembang biak di tempat yang lembab termasuk kayu yang basah. Jamur tersebut selain dapat merusak pemandangan juga akan merusak kayu sehingga membuatnya menjadi mudah lapuk dan rusak.

Untuk mencegah masalah yang menyebalkan ini, Anda dapat menjemur furniture kayu secara berkala. Hal ini bertujuan supaya furniture tersebut tetap kering dan tidak lembab sehingga jamur tidak berani mendekat.

Tetapi jika kayu sudah terlanjur terserang jamur, maka Anda dapat membersihkan jamur tersebut lebih dulu. Caranya, sapukan lap basah. Setelah itu gosoklah bagian permukaan kayu yang terserang jamur dengan menggunakan alcohol atau minyak kayu putih.

Bila Anda ingin menghilangkan jamur pada kayu secara permanen, maka sebaiknya furniture kayu atau elemen kayu di rumah diberi lapisang coating atau cairan pelapis. Lapisan coating ini berupa cat kayu dari bahan melamin berwarna bening sehingga tidak mengganggu tampilan kayu.

  • Mengatasi Rayap

Sudah bukan rahasia lagi bahwa musuh terbesar kayu adalah rayap. Hewan kecil yang satu ini bahkan dapat merusak seluruh bagian kayu. Cara paling ampuh yang dapat digunakan untuk mencegah material kayu terkena rayap adalah dengan melapisi kayu dengan menggunakan cairan bahan kimia pembersih rayap.

Jika Anda kesulitan mendapatkan cairan tersebut atau mencari cara yang lebih ramah, ada cara alami yang bisa Anda coba lakukan. Salah satu cara tersebut adalah menyiram sarang rayap dengan menggunakan air bekas cucian beras pertama. Cara yang lain adalah dengan rokok dan garam.

Caranya campurkan ½ sendok makan garam dan 10 batang rokok dengan dua gelas air. Diamkan larutan ini selama semalaman. Hari berikutnya, Anda dapat menyemprotkan larutan ini pada kayu yang diserang oleh rayap.

Selamat mencoba!

Sumber : Popeti.com

Berikan Komentar:

comments

.



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!