Bassura City: Berikan Swab Tes Masal Gratis Bagi Penghuni Apartemen

Jul 8, 2020   //   by Synthesis   //   News  //  Comments Off on Bassura City: Berikan Swab Tes Masal Gratis Bagi Penghuni Apartemen

Bassura City: Berikan Swab Tes Masal Gratis Bagi Penghuni Apartemen

 

Gugus Tugas Covid-19 Bassura City dan Puskesmas Jati Negara bekerjasama melangsungkan tes masal (swab test) Covid-19 khusus bagi penghuni apartemen Bassura City pada 17 dan 22 Juni 2020. Sebanyak 200 orang penghuni apartemen melakukan tes secara sukarela, yang dilakukan oleh tim medis.

Adapun tes massal dilakukan dengan cara mengambil sampel darah. General Manager Bassura City, Esther Rinelda mengatakan, “swab test yang kami adakan bekerjasama dengan Puskesmas Jatinegara ini sebagai salah satu upaya pengelola gedung untuk mempertahankan status kawasan Zona Hijau di Bassura City”.

Banyak orang mengira, rapid test sama dengan pemeriksaan swab tenggorokan yang selama ini dilakukan untuk mendeteksi virus, hanya saja lebih cepat dan praktis. Padahal, anggapan tersebut tidak tepat. Rapid test dan pemeriksaan swab adalah pemeriksaan yang berbeda.

Rapid test Covid-19 hanya bisa digunakan sebagai skrining atau penyaringan awal. Sementara itu untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19, hasil pemeriksaan swab lah yang digunakan.

Perbedaan rapid tes corona dan pemeriksaan swab tenggorokan

 

Alat rapid test digunakan sebagai sarana deteksi awal infeksi virus corona yang semakin meluas. Tes ini berbeda dari pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung yang selama ini digunakan untuk menentukan diagnosis Covid-19. Apa bedanya?

  1. Jenis sampel

Pemeriksaan rapid test yang ada di Indonesia, dilakukan menggunakan sampel darah. Sedangkan pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan.

  1. Cara kerja

Rapid test memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM yang ada di dalam darah. Apa itu? IgG dan IgM adalah sejenis antibodi yang terbentuk di tubuh saat kita mengalami infeksi virus. Jadi, jika di tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah.

Hasil rapid test dengan sampel darah tersebut, dapat memperlihatkan adanya IgG atau IgM yang terbentuk di tubuh. Jika ada, maka hasil rapid test dinyatakan positif ada infeksi. Namun, hasil tersebut bukanlah diagnosis yang menggambarkan infeksi Covid-19. Maka dari itu, orang dengan hasil rapid testnya positif, perlu menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan swab tenggorok atau hidung. Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat sebagai patokan diagnosis. Sebab, virus corona akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam, saat ia masuk ke tubuh.

Sampel lendir yang diambil dengan metode swab nantinya akan diperiksa menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasil akhir dari pemeriksaan ini, nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus SARS-COV2 (penyebab Covid-19) di tubuh seseorang.

Dengan diadakannya swab tes masal yang bekerjasama dengan Puskesmas setempat diharapkan agar penghuni Bassura City bisa merasa aman di lingkungan sekitar dan dapat sama-sama mendukung protokol kesehatan yang diterapkan Pengelola Bassura City dalam mempertahankan Bassura City tetap berstatus Zona Hijau dan ‘zero-covid’.

.



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000


Whatsapp: 0812-3000-508

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050
Whatsapp: 0812-3000-508

Online Help!