5 TIPS MERANCANG PERPUSTAKAAN PRIBADI

Oct 12, 2015   //   by Synthesis   //   Blog  //  Comments Off on 5 TIPS MERANCANG PERPUSTAKAAN PRIBADI

5 Tips Merancang Perpustakaan Pribadi

Anda mengkoleksi banyak buku, sampai-sampai bingung menaruhnya dimana saja? Kenapa Anda tak mencoba untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah saja. Selain membuat buku-buku kesayangan tersusun rapi di satu tempat, perpustakaan pribadi  juga bisa menjadi ruangan favorit baru yang penuh dengan inspirasi.

Tak hanya khusus di satu pojokan saja, perpustakaan bisa dibuat bersamaan dengan ruang lainnya, seperti ruang keluarga, atau bahkan kamar sendiri sekali pun. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, perpustakaan di rumah Anda akan jauh lebih terlihat simpel namun berseni.

Namun, sebelum Anda ingin membuat perpustakaan pribadi di rumah, Anda perlu simak terlebih dahulu tips merancang  perpustakaan pribadi berikut ini.

  • Cek kondisi pencahayaan

Untuk penerangan anda bisa menggunakan lampu yang diletakkan di bagian belakang ketika tengah membaca. Hal tersebut membuat Anda tak cepat lelah ketika membaca. Tempatkan juga lampu di lokasi yang membuat ruangan menjadi luas dan nyaman.

  • Cek sirkulasi udara

Perpustakaan pribadi yang nyaman harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Cara ini pula lah, yang akan menjamin kenyamanan Anda ketika berada di perpustakaan pribadi. Tentunya udara yang panas atau pengap tidak lah menjadikeinginan Anda saat membaca buku ataupun bersantai.

  • Perhatikan kelembapan buku

Dengan memberikan cela antara rak buku dan dinding bisa mempermudah Anda merawat dan menjaga kelembapan buku. Selain itu, Anda bisa menempatkan pendingin ruangan agar buku tetap terjaga kelembapannya.

  • Perhatikan penataan buku

Salah satu cara agar nyaman saat membaca buku di perpustakan pribadi adalah penataan buku yang rapi. Maka dari itu tatalah buku di rak buku di tempat yang benar. Walaupun ruangan perpustakaan pribadi yang tak terlalu besar, Anda bisa ciptakan ruang yang telihat luas. Salah satunya dengan cara , meletekkan rak buku yang mungil dan bermuatan banyak. Buku harus menempel pada dinding dengan kerapatan yang cukup. Tujuannya, agar adanya udara yang mengalir di celah antara rak dan dinding.

  • Pilihlah konsep unik

Memiliki konsep baru tak harus disuatu ruangan khusus. Namun, Anda bisa menyatukan perpustakaan pribadi dengan ruangan lain. Memilih konsep unik ini bertujuan agar Anda tak merasa bosan ketika tengah membaca novel favorit. Selain itu, ruang perpustakaan pribadi ini akan menjadi ruangan yang akan sering Anda kunjungi bukan?

 

Yuk buat perpustakan pribadi Anda dirumah Anda! Let’s try this at home.

 

Sumber : iDEA Online

Berikan Komentar:

comments

.



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!