4 Kunci Cara Cerdas Investasi Property

Jan 20, 2014   //   by update1   //   Blog  //  No Comments

Investasi properti sudah terbukti stabil dan menghasilkan keuntungan atau profit yang bagus dalam jangka panjang. Namun berinvestasi di sektor properti tentu memiliki banyak resiko yang besar. Jika Anda mengetahui cara cerdas investasi properti, hal itu dapat dikendalikan dan tentunya keuntungan yang didapat pun menjadi berlipat ganda.

Memang di masa seperti sekarang ini, sepertinya akan membuat seorang karyawan menjadi sulit jika hanya memiliki penghasilan yang pas-pasan tapi impiannya penuh dengan kepastian, seperti ingin memiliki rumah. Selain memang sulit untuk mengalokasikan anggaran, harga rumah dari waktu ke waktu juga selalu meningkat.

Jika Anda masih merasa buta mengenai investasi di saham atau obligasi, tentunya investasi di bidang properti jauh lebih mudah. Berinvestasi di sini tidak berarti Anda pelu tahu menahu mengenai pasar modal yang melibatkan perusahaan sekuritas dan lainnya. Anda hanya perlu mengetahui hak dan kewajiban antara dua pihak utama, yaitu pemilik dan penyewa atau pembeli. Secara umum, hak menggunakan properti dari si penyewa adalah membayarkan sejumlah uang ke pemilik.

Ada empat kata kunci cara cerdas investasi properti:

1 Membeli, menahan, menukar dan menjual properti pada waktu yang tepat.

Kemampuan memprediksi pasar menjadi alat bantu yang paling penting dalam memilih waktu yang ideal untuk berinvestasi pada properti. Sayangnya prediksi ini belum terlalu populer di Indonesia. Investor yang sudah berpengalaman dan juga pakar properti tentu bisa memprediksi dan mengukur tren pasar untuk masa 5 hingga 10 tahun mendatang. Untuk merencanakan pembelian atau penjualan properti, Anda harus mengetahui pola historis gelombang siklus properti di Indonesia. Langkah pertama untuk melakukan prediksi properti adalah memahami dinamika gelombang musim pasar properti dan memahami berbagai faktor yang menentukan gerakan siklus gerakan pasar properti tersebut.

2. Memilih lokasi investasi properti yang prospektif

Lokasi, lokasi, dan lokasi sudah menjadi ujung tombak dalam cara cerdas investasi properti mencapai kesuksesan. Sebuah produk properti sudah pasti tidak bisa bergerak, sehingga hal ini menentukan prospek, nilai, dan masa depan properti. Pelajari kondisi pasar lokal properti, seperti kondisi perekonomian lokal, migrasi populasi dan aktivitas pasar properti. Jika lokasi properti tersebut memiliki infrastruktur yang baik, dekat dengan berbagai fasilitas umum, sudah pasti harga properti tersebut akan terus naik.

3. Memilih jenis properti tertentu dengan hasil investasi optimal

Hindarilah properti yang sulit untuk disewakan. Sebelum memutuskan untuk membeli properti, amatilah peluang menyewakan properti yang sejenis dengan properti Anda di kawasan itu.

4. Melakukan strategi pembiayaan yang kreatif

Anda bisa pilih pembiayaan dengan cash keras, cash bertahap atau kredit KPR. Cash keras bisa dilakukan dalam waktu 1 sampai 2 bulan, cash bertahap bisa mencapai 8, 12, 18, 24 hingga30 bulan. Sedangkan melalui KPR, dilakukan dengan DP = 0% hingga 30%.

Semoga dengan tulisan yang kami berikan bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia properti.

Salam sukses untuk Anda dari Bassura City.. Better City Better Life..

Berikan Komentar:

comments

Leave a comment



Marketing Office:
Phone: +6221-859-10000
Fax:+6221-8591-5050

Hubungi Kami

Marketing Office:
Jl. Basuki Rahmat no. 1A
Jakarta Timur 13410
Telp: +6221-859-10000
Fax: +6221-8591-5050

Online Help!